Arsenal dikabarkan akan segera berpisah jalan dengan lima pemainnya pada musim panas 2016 demi bisa membuka jalan untuk perbaikan besar-besaran di skuatnya. ​The Gunners kini diklaim tengah bersiap untuk melepas pemain bertahan Kieran Gibbs dan Mathieu Debuchy dari Emirates Stadium. 

Sementara itu untuk tiga pemain yang lain yang akan memperoleh lampu hijau untuk hengkang dari klub dengan status bebas transfer ketika kontraknya berakhir di musim panas adalah Mikel Arteta, Mathieu Flamini serta Tomas Rosicky. 

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Arsene Wenger kini telah dihubungkan dengan kepindahan Ben Chilwell dari Leicester City serta Ryan Sessegnon dari Fulham sebagai pengganti paling potensial untuk Kieran Gibbs. Sedangkan tambahan kekuatan untuk mengisi posisi di lini tengah adalah bintang Borussia Dortmund, Ilkay Gundogan. 

Pemain asal Jerman tersebut telah memberitahu klubnya bahwa ia takkan memperpanjang kontraknya yang akan berakhir pada tahun 2017. Terkait hal tersebut, The Gunners disebut telah berusaha mewujudkan transfer pemain berusia 25 tahun itu, meski kini harus menghadapi persaingan yang cukup sulit untuk mendapatkan tanda tangannya, seperti dilansir ​Express. 

Borussia Dortmund v PAOK FC - UEFA Europa League

Dua rival Arsenal di Premier League, Liverpool dan Manchester City serta Barcelona dari La Liga dikabarkan juga berminat untuk memperoleh jasa sang pemain. Sejumlah laporan di Spanyol mengklaim bahwa Gundogan kini akan lebih mempertimbangkan tawaran untuk hengkang ke Etihad Stadium, meski Borussia Dortmund langsung berusaha membantahnya.