Saturday 31 October 2015

REVIEW Serie A Italia: Juventus - Torino



Derby della Mole edisi ke-252 siap digelar, siapa yang akan jadi penguasa kota Turin?

Derby della Mole edisi ke-252 siap digelar di Juventus Stadium, manakala si empunya stadion, Juventus, menjamu saudara sekotanya, Torino, dalam lanjutan Serie A Italia giornata 11, Minggu (1/11) dini hari WIB.

Jika dilihat dari sejarah pertemuan, kebesaran tim, dan komposisi pemain, Juve jelas unggul jauh dibanding Torino. Namun kini situasinya justru lebih menguntungkan Il Toro, karena Juve tengah terpuruk di peringkat 12 klasemen, sementara sang saudara bertengger di sepuluh besar.

Sempat bangkit dengan tak kalah di lima partai kompetitif, Juve kembali krisis setelah secara mengenaskan takluk dari Sassuolo tengah pekan lalu. Kans mereka untuk meraih scudetto kelima beruntun pun semakin kecil, karena sudah kalah empat kali dari sepuluh giornata.

Jelang Derby Turin, manajemen dan tim kepelatihan pun bertindak dengan menggelar ritiro. Duel melawan Torino jadi memiliki arti yang lebih penting dari sekadar gengsi, karena kemenangan bisa jadi titik balik kebangkitan Si Nyonya Tua.

"Torino? Mereka memainkan sepakbola yang bagus. Kami tak boleh mengulang pendekatan buruk di awal laga, layaknya hadapi Sassuolo lalu. Kami tak boleh gugup," ujar sang pelatih, Massimiliano Allegri, jelang pertandingan.
Di laga ini Allegri juga akan diperkuat oleh pilar-pilar terbaiknya, yang tak mengalami masalah cedera atau skorsing. Sehingga hasil maksimal wajib dipetik, karena jika tidak maka kursi pelatihnya yang semakin panas akan digoyang manajemen.



Jika kalah lagi, nasib Allegri di kursi pelatih Juve makin riskan

Sementara situasi tak jauh berbeda sejatinya juga tengah melanda Torino, meski posisinya di klasemen lebih baik dari Juve. Setelah memetik empat kemenangan dari enam giornata perdana, Kamil Glik cs gagal meraih kemenangan barang sebiji pun dalam empat giornata terakhir.

Salah satu alasan penurunan performa itu terjadi akibat badai cedera yang menerpa. Jelang partai ini saja, terdapat enam penggawa Torino yang tak dapat dimainkan akibat terkapar di meja perawatan. Alexander Farnerud, Joel Obi, dan Nikola Maksimovic jadi yang paling krusial, karena memiliki peran besar di awal musim ini.

Satu pemain lagi yang diragukan kondisinya adalah top skor sementara Torino yang mantan penggawa Juve, Fabio Quagliarella. Ia paham benar luar dalam La Vecchia Omcidi bahkan jadi bintang kemenangan Il Granata atas Tim Zebra musim lalu. Kehilangannya akan jadi kerugian luar biasa buat Tim Merah Marun.

Namun sang pelatih, Andrea Mandorlini, juga tak perlu terlampau khawatir karena masih punya mantan Juve lainnya, yakni Emiliano Moretti dan Christian Molinaro. Keduanya dikenal selalu bermain menggebu-gebu ketika bertemu dengan sang mantan.

Menarik menanti reaksi apa yang akan ditampilkan Juve dalam situasi krisisnya dan kejutan apa yang akan dihadirkan Torino dalam derby ini. Meski begitu, harus diakui jika kemenangan masih condong pada Sang Kekasih Italia menilik bentrok yang digelar di J Stadium.

0 comments:

Post a Comment