Thursday 25 February 2016

Tim Terbaik Leg Pertama 16 Besar Champions League 2015/16

​Babak leg pertama 16 besar Champions League sudah berakhir. Rangkaian delapan pertandingan menghasilkan 21 gol dengan maksimal lima gol terjadi dalam satu laga. Namun hanya ada tiga tim yang sukses memetik kemenangan dengan selisih dua gol. Mereka adalah Manchester City, Real Madrid, dan Barcelona.

Lalu, bagaimana dengan para pemain terbaik dari tiap posisi? Berikut adalah penilaian kami untuk 11 pemain yang layak masuk ke dalam daftar tim terbaik di leg pertama 16 besar Champions League.

11. Jeroen Zoet

FBL-EUR-C1-PSV-ATLETICO

​Atletico Madrid harus puas pulang membawa hasil imbang 0-0 , setelah secara mengejutkan ditahan PSV Eindhoven di Phillips Stadium.

Kiper PSV, Jeroen Zoet menjadi bintang dalam pertandingan tersebut, setelah beberapa kali membuat penyelamatan penting. Zoet setidaknya membuatnya tujuh penyelamatan yang sukses menghindarkan timnya dari kebobolan.

10. Dani Alves

Arsenal FC v FC Barcelona - UEFA Champions League Round of 16: First Leg

​Barcelona adalah tim yang begitu mendominasi dalam laga kontra Arsenal di Emirates Stadium. Lini tengah Barcelona tak terlalu tajam dalam membantu serangan, namun sisi sayap, terutama bek kanan, tampil lebih agresif. Dani Alves memainkan performa terbaiknya untuk membantu timnya terus menekan Arsenal sepanjang 90 menit dan meraih kemenangan 2-0.

9. Raphael Varane

FBL-EUR-C1-ROMA-REAL MADRID

​Wakil Spanyol menunjukkan dominasinya atas liga-liga top Eropa. Real Madrid sukses memetik kemenangan 2-0 atas wakil Serie A, AS Roma. Meski kalah, bukan berarti Roma tak melakukan serangan ke jantung pertahanan Madrid. 

Namun, performa solid Raphael Varane merupakan salah satu faktor penting dari kegagalan Roma membobol gawang Keylor Navas.

8. Vincent Kompany

FC Dynamo Kyiv v Manchester City FC - UEFA Champions League Round of 16: First Leg

Kehadiran ​Vincent Kompany di jantung pertahanan Manchester City selalu berarti lebih dari sekedar memiliki bek tangguh. Pemain asal Belgia ini adalah kapten tim yang memiliki ketenangan dan kekuatan untuk memotivasi rekan-rekannya.

Saat melawan Dinamo Kyiv, City sukses menggulung tim tuan rumah dengan skor 1-3. Kyiv tampak kesulitan menembus pertahanan tamu mereka karena Kompany mengomando dengan sangat dengan baik.

7. Marcelo

AS Roma v Real Madrid CF - UEFA Champions League Round of 16: First Leg

​Ronaldo mencetak gol ke-89 di kompetisi Champions League berkat pergerakan dan umpan dari Marcelo. Pemain asal Brasil ini tampil memikat di sisi kiri. Ia rajin membantu serangan namun kerap mematahkan serangan yang datang ke areanya. Tipe full back dambaan setiap pelatih yang menginginkan kelengkapan dalam diri pemainnya.

6. Marco Verratti

FBL-EUR-C1-PSG-CHELSEA

​Pasukan Laurent Blanc memetik kemenangan penting atas tamunya, Chelsea, dengan skor 2-1. Dalam laga di mana PSG lebih mendominasi, terutama di babak kedua, Chelsea bermain sangat solid untuk menahan serangan tuan rumah. 

Tapi, serangan balik mereka juga cukup membahayakan. Untungnya PSG memiliki Marco Veratti yang tampil sangat terorganisir di lini tengah. Tekel dan penguaaan bolanya membuat serangan Chelsea berhasil diredam dengan baik.

5. Yaya Toure

FBL-EUR-C1-DYNAMOKIEV-MANCITY

​Mencetak satu assist dan gol, Yaya Toure menunjukkan pengaruhnya sebagai gelandang pengatur ritme permainan yang juga aktif menyokong serangan dan menjadi pemain yang bisa diandalkan saat tim menemui kebuntuan.

Saat Yaya Toure tampil di performa terbaiknya, Manchester City akan sangat ganas. Dynamo Kiev udah menjadi korban dari kecerdasan pemain asal Pantai Gading ini.

4. Douglas Costa

FBL-EUR-C1-JUVENTUS-BAYERN MUNICH

​Douglas Costa bisa disebut sebagai pemain sayap terbaik yang berkompetisi di Eropa saat ini. Pemain asal Brasil ini memiliki kecepatan untuk merepotkan full back lawan, dan juga umpan-umpan akurat yang siap dimanfaatkan rekan-rekannya untuk menjebol gawang lawan.

Gol pembuka Bayern di laga kontra Juventus tercipta berkat sempurnanya umpan Costa kepada Thomas Muller dan ia sukses membuat bek kanan Juventus, Stephan Lichtsteiner kelabakan untuk mengatasi pergerakannya sepanjang laga.

Arsenal FC v FC Barcelona - UEFA Champions League Round of 16: First Leg

​Kembalinya performa Lionel Messi sejak 2015 adalah buah dari kehadiran dua pemain yang berkualitas tinggi di sampinya, Luis Suarez dan Neymar. Nama terakhir menjadi pemberi umpan atas gol pembuka Lionel Messi ke gawang Arsenal.

Neymar kini menjadi pemain dengan koleksi assist terbanyak di kompetisi Champions League musim ini dengan lima assist.

2. Julian Draxler

FBL-EUR-C1-GENT-WOLFSBURG

​Hanya ada dua pemain di leg pertama 16 besar Champion League 2015/16 yang berhasil mencetak dua gol ke gawang lawan. Julian Draxler menjadi salah satu pemain tersebut saat ia membawa Wolfsburg memenangi laga di markas KAA Gent dengan skor 3-2.

Draxler terus menunjukkan dirinya sebagai salah satu winger muda terbaik di kancah Eropa saat ini dengan performanya yang semakin bagus dari hari ke hari.

1. Lionel Messi

FBL-EUR-C1-ARSENAL-BARCELONA

​Satu pemain lainnya yang sukses mencetak dua gol di fase ini adalah Lionel Messi. Dua golnya ke gawang Arsenal tak cuma berarti timnya memiliki modal yang sangat berharga saat mereka menjamu tim asal London utara di Camp Nou, namun juga mengakhiri catatan kegagalannya dalam menjebol gawang Petr Cech di empat pertemuan sebelumnya saat kiper asal Republik Ceska itu masih berseragam Chelsea.

0 comments:

Post a Comment