Friday, 2 October 2015

Barcelona Lebih Tangguh Tanpa Lionel Messi Di Liga Champions



Cedera yang dialami Lionel Messi mengganggu rencana Barcelona . Ditambah dengan Rafinha yang harus mengakhiri musim lebih awal dan larangan mendaftarkan Arda Turan atau Aleix Vidal akibat sanksi FIFA, pilihan Luis Enrique di lini depan pun terbatas.

"Ini akan menjadi tantangan dengan bermain tanpa pemain terbaik dunia (Messi)," kata Enrique merujuk pada laga kedua fase grup Liga Champions menghadapi Bayer Leverkusen. Dalam waktu singkat dan desakan untuk mengubah susunan pemain di lapangan, sang juara bertahan harus menghadapi dua hingga tiga laga tanpa pemain bernomor punggung 10 dalam kompetisi kasta tertinggi klub-klub Eropa tersebut.

Meski demikian, hasil yang dipetik Barcelona justru lebih baik saat Messi yang melakoni debutnya dalam Liga Champions 2004/05 absen. Dengan bantuan Opta , kami menganalisis sejumlah statistik yang bisa menjadi harapan bagi para fans Barcelona menyusul absennya sang megabintang.

Melawan AS Roma di Matchday 1, Messi mencatatkan penampilan ke-100 dalam ajang Liga Champions yang berujung 58 kemenangan, 28 seri dan 14 kekalahan bagi Barcelona. Tanpa peraih empat Ballon d'Or itu dalam 27 pertandingan, Barcelona memiliki presentase yang lebih baik dengan catatan 19 kemenangan (70.4 persen berbanding 58 persen saat Messi tampil), tiga seri dan lima kekalahan.

Ketiadaan Messi juga tidak terlalu memengaruhi ketajaman Barcelona. Mereka mencetak 204 gol dalam 100 laga saat Messi hadir di lapangan dan 53 gol dari 27 laga tanpanya. Berdasarkan dua perbandingan tadi, produktivitas tetap terjaga dengan rata-rata hampir dua gol tiap partai.

Bahkan dari statistik kemasukan gol, Barcelona sedikit lebih baik ketika Messi tidak tampil. Dari 100 laga dengan Messi hadir di lapangan, mereka kebobolan 86 gol atau rata-rata 0.9 gol per pertandingan. Sebaliknya, saat Messi absen, Barcelona kemasukan 21 gol dalam 27 pertandingan atau rata-rata 0.8 gol per laga.

Dengan demikian, menghadapi Leverkusen dan dua pertemuan kontra BATE Borisov, menjadi tantangan bagi pelatih serta para staf Barcelona. Tiket lolos ke fase gugur akan sangat bergantung dengan kejelian menyiasati absennya Messi. Kendati demikian, dengan statistik tadi, para fans seharusnya tidak perlu khawatir.

Sejalan dengan komentarnya dalam dua konfrensi pers terakhir, Enrique menegaskan tidak akan mengubah pola permainan 4-3-3. Patut dinantikan apakah Barcelona meraih hasil positif dan menjaga asa lolos dari fase grup dengan absennya Messi dalam beberapa laga ke depan.

0 comments:

Post a Comment