Wednesday 9 March 2016

11 Pemain Terbaik Usia 34 Tahun ke Atas yang Masih Aktif Memperkuat Klub

​Sepakbola adalah permainan keras dan butuh fisik prima, selain kemampuan lain termasuk kecerdasan para pemain. Namun, sebuah tim juga butuh tipe pemain yang punya kematangan mental dan biasanya mereka justru sudah melewati usia emas, di atas 30 tahun.

Ada cukup banyak pemain gaek macam ini. Beberapa di antaranya bisa dipilih sebagai yang terbaik. 

11. Francesco Totti

FBL-ITA-SERIEA-ROMA-PALERMO

​Usianya menjelang 40 tahun, namun masih saja malang-melintang di lapangan Stadio Olimpico musim ini. Pendukung Roma sudah mengenalnya sejak 1992, 24 tahun yang lalu!

Jika Anda baru berumur 23 tahun, itu artinya Totti telah menjadi pemain sebelum Anda lahir. Dan, sampai sekarang pun masih bermain. Gila!

10. Xabi Alonso

FBL-GER-CUP-BAYERN-DARMSTADT

​Carlo Ancelotti sebenarnya masih menginginkan Xabi bertahan di Real Madrid ketika itu. Namun, petinggi klub punya rencana berbeda dan ia kemudian ditampung Bayern Munchen.

Setelah Pep Guardiola dipastikan hengkang akhir musim ini, Ancelotti bisa melakukan reuni dengan salah satu pemain gaek andalannya itu.

9. Michael Carrick

Manchester United v Fulham - Premier League

​Ketika Carrick tidak cedera, ia akan menjadi pilihan utama untuk posisi gelandang bertahan di Manchester United hingga musim ini. Bahkan di usia 34 tahun, para fans dan pengamat menilai bahwa mantan pemain West Ham dan Tottenham Hotspur ini sebaiknya tetap bertahan setidaknya semusim lagi.

8. Andrea Barzagli

Frosinone Calcio v Juventus FC - Serie A

​Setahun yang lalu, karier Barzagli sebagai pemain tampak sudah hampir tamat. Operasi tumit harus ia jalani pasca Piala Dunia 2014.

Namun, keberadaannya di Juventus tetap memberi dampak besar. Kematangan dan teknik berkelas telah memberinya masa karier lebih panjang, selain secara fisik juga masih cukup prima.

7. Damien Delaney

Crystal Palace v Southampton - Premier League

​Apakah musim ini kariernya sebagai pemain makin meredup? Sepertinya belum.

Damien Delaney terlihat masih bisa bersaing dengan pemain-pemain yang lebih muda. Crystal Palace kemungkinan masih tetap bertahan di Premier League musim depan dan Delaney adalah salah satu bek andalan mereka selama ini.

6. Gareth Barry

Aston Villa v Everton - Premier League

Pemain yang sudah berusia 35 tahun biasanya sudah tidak mampu bersaing di level tinggi seperti Premier League. Gareth Barry membuktikan sebaliknya. 

Bersama Everton, Barry masih menjadi andalan dan keberadaannya bisa menentukan hasil pertandingan. Pemain ini sudah tampil 582 kali di Premier League, 365 di antaranya bersama Aston Villa.

5. Sisenando Maicon

FBL-ITA-SERIEA-JUVENTUS-ROMA

​Jarang ada pemain selain kiper yang masih bisa bertahan, terutama untuk posisi bek mengingat mereka biasanya harus adu otot dan kecepatan dengan pemain lawan.

Namun, bek asal Brasil ini menghancurkan mitos bahwa pemain berumur tak bisa lagi bertarung melawan pemain muda.

4. Patrice Evra

FBL-QAT-ITA-JUVENTUS

​Evra mungkin tak lagi dianggap cukup baik untuk bertahan di Premier League. Namun di Serie A, pemain asal Prancis ini membuktikan sesuatu yang di luar dugaan.

Di musim pertama, Evra tak tergantikan di Juventus. Ia juga masih bisa bersaing di turnamen level Eropa. Terbukti dengah kehadirannya di final Champions League musim lalu.

3. Luca Toni

Hellas Verona FC v Torino FC - Serie A

Apa? Luca Toni masih aktif bermain? Mungkin itulah reaksi suporter Fiorentina atau Bayern Munchen melihat aksi penyerang asal Italia berumur 38 tahun ini. 10 tahun lalu pendukung dua klub itu pasti ramai membicarakannya.

Sekarang, Verona masih mengandalkan kemampuannya di usia senja. 47 gol telah ia cetak sejak bergabung dengan Verona tahun 2013 lalu.

2. Zlatan Ibrahimovic

FBL-EUR-C1-PSG-CHELSEA

​Siapa yang berani memensiunkan Zlatan? Mungkin Zlatan yang akan memensiunkan orang itu.

Penyerang jangkung dari Swedia ini masih menjadi momok para pemain bertahan di Ligue 1 dan di Eropa. Mungkin kekuatan kakinya terbantu karena Zlatan menjaganya dengan latihan olahraga lain. Ia adalah pemegang sabuk hitam taekwondo, bela diri yang lebih banyak menggunakan tendangan.

1. Gianluigi Buffon

FBL-ITA-SERIEA-JUVENTUS-FIORENTINA

​Buffon semestinya sudah menjadi pensiun dan menjadi pemain besar Juverntus. Nyatanya, ia masih aktif bermain dan performanya masih terbilang termasuk di antara yang terbaik di Eropa bahkan dunia.

Super Gigi masih bisa membawa Juve ke final Champions League musim lalu dan musim ini tetap tak tergoyahkan sebagai kiper utama.

0 comments:

Post a Comment