Friday, 4 March 2016

20 Tim yang Bisa Bergabung dengan Liga Baru, European Super League

Sepak bola Eropa saat ini tengah heboh dengan wacana liga baru yang berpotensi jadi pesaing Champions League, yakni European Super League. Liga yang digagas pengusaha Amerika Serikat, Stephen Ross. Dan ia disinyalir telah bertemu para petinggi klub-klub besar Inggris, seperti Manchester United, Chelsea, Arsenal, Liverpool, dan Manchester City.

Uang akan jadi daya tarik European Super League, memanfaatkan ketidakmampuan klub-klub besar dengan basis fans mendunia yang tidak lolos kualifikasi Champions League.

Jika liga itu benar bergulir, maka klub-klub tersebut bisa keluar dari Champions League dan tentu menjadi kekhawatiran tersendiri untuk UEFA selaku pengagas Champions League. Pasalnya ada potensi tak hanya klub Inggris yang bergabung di dalamnya.

Klub mana saja yang berpotensi bergabung di European Super League? Berikut 20 tim tersebut, termasuk di dalamnya klub-klub Negeri Ratu Elizabeth.

20. Paris Saint-Germain (PSG)

FBL-FRA-SUPERCUP-PSG-LYON

Dibangun sejak 1970. PSG menjadi klub besar nan kaya raya Prancis setelah pengusaha Qatar mengakuisisi klub, dan di dalamnya banyak pemain-pemain bintang Eropa. PSG klub kebangaan Prancis dan punya finansial yang kuat, mereka bisa saja tertarik dengan proyek European Super League.

19. AS Monaco

FBL-FRA-LIGUE1-MONACO-TROYES

Monaco klub bersejarah Prancis, namun memiliki basis fans kecil di seluruh dunia. Meski begitu Monaco bisa tergiur dengan uang besar yang ditawarkan European Super League, dan mereka bisa membangun kembali skuat yang sebelumnya dibangun pengusaha Rusia, Dmitry Rybolovlev.

18. AC Milan

FBL-ITA-SERIEA-MILAN-TORINO

Tak berkompetisi di Champions League beberapa musim belakangan, namun tetap memiliki basis fans mendunia, berkat raihan tujuh trofi Champions League di masa lalu – kedua terbaik setelah Real Madrid. Krisis keuangan Milan bisa teratasi jika berpatisipasi di European Super League.

17. Juventus

FBL-CHN-ITA-JUVENTUS

Klub tersukses Italia dan punya basis fans besar di dunia. Jika banyak klub besar berpatisipasi di European Super League, Bianconeri pasti ikut terlibat di dalamnya dan menjaga eksistensi nama besar mereka di Eropa.

16. Zenit St Petersburg

FBL-EUR-C1-LYON-ZENIT

Klub peserta lima liga besar Eropa tetap akan jadi prioritas European Super League, tapi tak afdol rasanya jika tak ada klub Rusia yang terlibat di dalamnya. Dan Zenit St Petersburg klub yang tepat mewakili Rusia, karena eksis di Champions League.

15. Ajax Amsterdam

FBL-NED-AJAX-FEYENOORD

Ajax Amsterdam gagal masuk Champions League saat ini dan kalah dari PSV Eindhoven. Tapi tak bijak jika melupakan era keemasan dan kejayaan Ajax di masa lalu, dan keterlibatan mereka takkan luput dari European Super League.

14. Shakhtar Donetsk

FBL-EUR-C3-SCHALKE-SHAKHTAR-DONETSK

Sama seperti kasus Rusia, Ukraina bisa jadi mengirim perwakilannya pada tim terkaya dan tersukses dengan markas besar Donbass Arena, Shakhtar Donetsk. Mereka eksis di Champions League, memiliki pemain-pemain terbaik yang kerap ditaksir klub besar Eropa lainnya.

13. Bayern Munchen

FC Bayern Muenchen v 1. FSV Mainz 05 - Bundesliga

Mendominasi di Bundesliga, Jerman. Bayern Munchen bisa mencoba peruntungan sekaligus menegaskan nama besar mereka di Benua Biru, di liga baru, European Super League.

12. Borussia Dortmund

SV Darmstadt 98 v Borussia Dortmund - Bundesliga

Basis fans fanatik di Jerman yang kerap menunjukkan pertunjukkan fantastis di Signal Iduna Park, dapat menjadi alasan kuat Borussia Dortmund terlibat di European Super League. Apalagi mereka rival abadi Bayern Munchen.

11. Schalke

FC Schalke 04 v Hamburger SV - Bundesliga

Sama halnya seperti Dortmund. Fans fanatik Schalke juga setia mendampingi tim terutamanya di Veltins Arena, basis fans yang menumpuk bak magnet bagi tim marketing European Super League.

10. Galatasaray

FBL-EUR-C1-GALATASARAY-ASTANA

Turki juga terkenal memiliki fans fanatik yang kerap meneror tim lawan yang bertandang. Galatasaray, yang juga menjelma jadi klub besar Eropa dengan suntikan dana besar dari pengusaha Turki, Unal Aysal. Mereka memiliki pemain-pemain seperti Lukas Podolski, dan Wesley Sneijder.

9. Benfica

FBL-POR-LIGA-BENFICA-MARITIMO

Jika berbicara perwakilan klub Portugal, maka Benfica jawabannya. Selain eksis di Champions League, mereka klub yang punya sejarah panjang di sepak bola Eropa. Benfica meraih European Cup dua kali dan menjadi satu-satunya klub yang meraih empat gelar domestik dalam semusim. 

8. Arsenal

FBL-ENG-FACUP-ARSENAL-BURNLEY

Meski tidak disegani seperti masa lalu, Arsenal konsisten bermain di Champions League dan memiliki basis fans mendunia. The Gunners bisa terlibat dalam proyek yang ditawarkan European Super League.

7. Chelsea

FBL-ENG-PR-SOUTHAMPTON-CHELSEA

London juga memiliki klub besar seperti Chelsea, yang kian menggila sejak Roman Abrahamovich mengakuisisi klub. Selama 12 tahun belakangan Blues jadi kekuatan di sepak bola Eropa dan memiliki banyak fans, European Super League takkan luput menarik mereka ke dalamnya.

6. Liverpool

Liverpool v Manchester City - Premier League

Lupakan trofi Premier League yang terakhir diraih pada 1990 dan Champions League yang diraih pada 1984, karena Liverpool masih tim yang fansnya membludak di dunia. Mereka masih tim tersukses Inggris dengan lima trofi Champions League, dan keterlibatan di European Super League bisa menambah kekuatan finansial tim.

5. Manchester City

Liverpool v Manchester City - Capital One Cup Final

Di masa lalu hanya jadi bayang-bayang Manchester United. Namun Sheikh Mansour memberikan banyak uang hingga bintang-bintang Eropa datang ke Etihad, dan musim depan mereka ditangani pelatih top dunia, Josep Guardiola. City takkan menolak tawaran European Super League, untuk mengibarkan nama mereka di jajaran klub-klub top Eropa.

4. Manchester United

Manchester United v Swansea City - Premier League

Salah satu klub terkaya dunia, memiliki banyak basis fans di dunia dan tetap salah satu klub besar Inggris dengan raihan 20 trofi Premier League. United masih salah satu klub besar Eropa, dan nama mereka disinyalir kuat masuk ke dalam European Super League.

3. Atletico Madrid

FBL-ESP-CARRANZA-ATLETICO-MADRID-BETIS

Diego Simeone mengubah muka Atletico Madrid untuk mengganggu dominasi Barcelona dan Real Madrid di La Liga. Kekuatan finansial Los Colchoneros tidak kuat, dan terlibat di European Super League bisa membenahinya.

2. Barcelona

FC Barcelona v Real Betis Balompie - La Liga

Klub terbaik dunia dengan pemain terbaik dunia, Lionel Messi, bisa jadi gabung European Super League jika banyak klub-klub top Eropa lainnya terlibat. Barcelona juga salah satu klub yang mendominasi Eropa beberapa tahun terakhir, dan punya basis fans mendunia.

1. Real Madrid

Real Madrid v Atletico de Madrid - UEFA Champions League Final

Yang terakhir adalah Real Madrid. Klub kumpulan pemain-pemain bintang dunia, klub mewah dengan basis fans mendunia dan disegani sebagai klub tersukses Eropa, dengan 10 trofi Champions League. Tak diragukan lagi, European Super League takkan melewatkan Los Galacticos.

0 comments:

Post a Comment