Wednesday 9 March 2016

10 Stadion Terbaik di Dunia

Stadion merupakan tempat untuk menyelenggarakan petandingan sepak bola sebuah tim. Apa jadinya sebuah tim sepak bola tanpa adanya stadion? Ada beberapa stadion yang wajib Anda kunjungi karena keindahan dan sejarah stadion tersebut.

Berikut adalah 10 stadion terbaik di dunia.

10. Anfield

Liverpool v FC Augsburg - UEFA Europa League Round of 32: Second Leg

​Jika mendengar kata Stadion Anfield, para penggemar sepak bola tentu sudah mengetahui ini merupakan kandang tim mana? Ya, jawabannya adalah tim dari Premier League, Liverpool.

Tapi yang membuat stadion ini menjadi sangat ikonik adalah fans Liverpool selalu menyanyikan lagu kebanggaan 'You'll Never Walk Alone'.

9. Wembley

FBL-ENG-LCUP-LIVERPOOL-MAN CITY

​Stadion Wembley merupakan stadion kebanggaan masyarakat Inggris. Infrastruktur stadion ini juga sangat luar biasa. 

Stadion ini juga menggelar beberapa pertandingan Tim Nasional Inggris dan laga FA Cup dan League Cup. Stadion yang dibangun pada 17 Maret 2007 ini juga bisa menampung sebanyak 90.000 penonton.

8. Azteca Stadium

FBL-MEXICO-AMERICA-TIGRES-FINAL

​Stadium sepak bola di Meksiko, Stadion Azteca sempat menggelar pertandingan final Piala Dunia 1986 yang terkenal kontroversial, yakni antara Inggris melawan Argentina.

Puluhan ribu pasang mata saat itu menjadi saksi ketika Diego Maradona mencetak sebuah gol ke gawang Inggris, yang kemudian terkenal dengan sebutan gol tangan tuhan.

7. Old Trafford

Manchester United v Southampton - Premier League

​Manchester United sudah memakai Stadion Old Trafford sejak 1910. Stadion yang terkenal dengan nama Theatre of Dreams tersebut sempat mendominasi persepakbolaan di Inggris dan Eropa dari musim 1990an hingga 2000an. 

6. Signal Iduna Park

Borussia Dortmund v FC Bayern Muenchen - Bundesliga

​Kandang ini sangat spesial untuk para pemain Borussia Dortmund. Warna kuning yang menjadi warna kostum kebanggaan Dortmund, selalu memenuhi stadion yang juga dapat dipanggil Westfalen Stadium.

Tidak heran, para pemain lawan akan merasa sangat merinding bila masuk ke kandang tim berjuluk Die Borussen tersebut. 

5. San Siro

AC Milan v FC Barcelona - UEFA Champions League

​San Siro merupakan kandang dari AC Milan, salah satu tim tersukses yang pernah ada di Eropa dan lima gelar Champions League dan juga tim rival, Inter Milan.

Sampai saat ini San Siro masih menjadi rumah bagi Milan dan Internazionale. Sayang, saat ini kedua tim kebanggaan asal Italia itu sudah tidak lagi mendominasi di ajang Eropa.

4. Alianz Arena

FC Bayern Muenchen v SV Darmstadt 98 - Bundesliga

​Stadion Alianz Arena menempati urutan keempat sebagai arena sepak bola terbaik di dunia. Allianz Arena merupakan kandang dari Bayern Munchen dan Tim Nasional Jerman.

Stadion ini terletak di sebelah utara kota Munchen, Jerman dan dirancang oleh Pierre de Meuron dan Jacques Herzoq. 

3. Santiago Bernabeu

FBL-EUR-C1-ROMA-TRAINING

​Santiago Bernabeu telah menjadi salah satu stadion terbaik dan angker di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Terbukti, banyak tim yang merasa takut untuk bertandang ke markas Real Madrid ini. 

Dengan memiliki kapasitas 81.000 tempat duduk, para pendukung Madrid di seluruh dunia mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan Cristiano Ronaldo dkk bertanding secara langsung.

2. Camp Nou

FBL-ESP-LIGA-BARCELONA-ATHLETIC

​Tidak hanya kandang dari salah satu klub terbaik di dunia saat ini, Camp Nou juga merupakan rumah bagi Tim Nasional Spanyol dan dan menjadi tempat untuk menggelar pertandingan final Copa del Rey.

Stadion ini terletak di jantung ibukota Barcelona, Spanyol. Kandang El Barca ini memiliki kapasitas 90.000 orang. Jadi, setiap penggemar Blaugrana bisa menonton aksi Lionel Messi, Neymar dan Luis Suarez,

1. Maracana

Flamengo v Gremio - Brasileirao Series A 2015

​Stadion paling bercahaya di dunia, Maracana merupakan stadion yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Stadion ini berkapasitas 95.000 ribu dan merupakan salah satu yang terbesar di Amerika Selatan dan Brasil. 

Stadion Maracana menggelar dua pertandingan Piala Dunia yakni pada tahun 1950 dan 1994. Stadion ini juga akan menggelar Olimpiade musim panas 2016.

0 comments:

Post a Comment