Sunday, 6 March 2016

10 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya di Dunia

​Jika berpikir Roman Abramovich sudah begitu kaya dan masuk dalam daftar ini, Anda salah besar. Pemilik Chelsea itu belum ada apa-apanya dibandingkan 10 orang pemilik klub terkaya di dunia ini.

Siapa saja mereka?

10. Rinat Akhmetov (Shakhtar Donetsk) - $12,8 Miliar

FBL-UKR-SHAKHTAR-KHARKIV

​Membaca nama tokoh ini, Anda mungkin tidak kenal. Terkecuali Anda sendiri adalah seorang konglomerat yang bisa membeli klub di Eropa seperti Erick Thohir. Akhmetov adalah juragan batubara dari Ukraina.

Sejak membeli Shakhtar Donetsk tahun 1996, klub yang dimiikinya itu telah juara Premier League di Ukraina delapan kali. Ia juga bertanggung jawab atas sukses Ukraina sebagai tuan rumah Euro 2012.

9. John Fredriksen (Valerenga IF) - $14,5 Miliar

John Fredriksen

​Konglomerat asal Norwegia ini sudah memiliki saham mayoritas Valerenga IF cukup lama. Sayangnya klub yang ia miiki adalah klub Norwegia juga, pamornya kurang bagus di dunia sepakbola.

Mungkin ia mesti mesti membeli klub-klub di salah satu lima liga Eropa. Atau lebih bagus lagi, membeli klub Indonesia sekalian. Kembangkan klub itu dan jadikan klub kelas dunia.

8. Francois Henri Pinault (Stade Rennais FC) - $15,5 Miliar

FBL-FRA-CUP-RENNES-GUINGAMP

​Pinault adalah CEO Kering, korporasi adibusana produsen merek-merek terkenal seperi 

Gucci, Yves St. Laurent, sampai Puma.

Sayangnya Rennais atau Rennes kalah bersaing dengan klub yang pemiliknya tak sekaya Pinault, Paris Saint-Germain. Mungkin suatu saat nanti Rennes bisa berjaya di Prancis dan Eropa.

7. Lakshmi Mittal (Quuens Park Rangers) - $16,1 Miliar

Queens Park Rangers v Hull City - npower Championship

​Konglomerat asal India ini telah membeli saham Queens Park Rangers sejak 2007. Namun, klub yang pernah diperkua oleh Rio Ferdinand itu sampai sekarang masih belum cukup menarik perhatian bintang-bintang besar.

Sebab mereka memang tak lagi di Premier League. Mungkin juga pemilik tidak terlalu haus prestasi dan gelar dalam waktu singkat.

6. Paul Allen (Seattle Sounders) - $16,3 Miliar

Paul Allen

​Mantan salah satu bos Microsoft Corporation ini juga tertarik menanamkan modalnya di klub sepakbola. Namun ia merasa tak perlu lari ke Eropa. Kawan dekat Bill Gates ini juga pemilik klub olahraga lain yaitu Seattle Seahawks dan Portland Trailblazers.

Seattle adalah kota kelahirannya.

5. Alisher Usmanov (Arsenal) - $19,4 Miliar

FBL-EUR-C1-ARSENAL-BAYERN MUNICH

​Orang terkaya di Rusia ini sekarang adalah pemilik tunggal Arsenal setelah Farhad Moshiri menjual sahamnya dan membeli Everton FC. Tadinya Usmanov sempat menjadi pemilik saham minoritas, kalah dari Stan Kroenke.

Di tangan Usmanov, Arsenal makin hari makin banyak mencetak keuntungan dan menjadi klub yang lebih kaya dari sebelumnya.

4. George Soros (Manchester United) - $24 Miliar

George Soros

​Pria ini dianggap bertanggung jawab atas krisis moneter di seumlah kawasan. Pada 1992, Soros mendapat keuntungan $1 miliar dalam sehari dengan menjual poundsterling Inggris dan hari itu dikenal sebagai Black Wednesday Crisis.

Mungkin karena merasa bersalah, Soros kemudian membeli saham mayoritas Manchester United sejak 2012.

3. Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Manchester City, Melbourne City, New York City FC) - $34 Miliar

Manchester city owner Sheikh Mansour bin

​Perkembangan pesat telah ditunjukkan oleh Manchester City di bawah pemilik kaya raya ini. Mereka telah meraih dua gelar Premier League sejak diambil Sheikh Mansour.

Pamor baru The Citizen telah menarik minat sejumlah bintang top dunia. Dua klub lagi milik Mansour ada di Amerika Serikat dan Australia.

2. Amancio Ortega (Deportivo La Coruna) - $62,9 Miliar

Amancio Ortega Gaona

​Di balik kembalinya Deportivo La Coruna ke Primera Division ternyata karena dukungan konglomerat asal Spanyol ini. Amancio Ortega adalah mantan bos Inditex, korporasi produk garmen yang antara lain adalah Zara dan Stradivarius.

Sementara ini klub miliknya belum menunjukkan pengaruh di La Liga, namun tak lama lagi mungkin akan berbeda.

1. Carlos Slim Helu (Club Pachua, Club Leon, Real Oviedo) - $86,3 Miliar

FBL-MEXICO-HOMELESS WORLDCUP-YOUNG-ZAVALA-SLIM

​Ternyata inilah pemilik klub terkaya di dunia yang diketahui. CEO perusahaan telekomunikasi Meksiko, America Movil and Telmex, ini punya tiga klub. America Movil membeli saham mayoritas dua klub Meksiko, Club Leon dan Club Pachua. Selain itu Helu juga membeli saham Real Oviedo (Spanyol) tahun 2012.

0 comments:

Post a Comment